Pos

Kedung Tumpang, Kolam Alami Di Balik Gunung Karang

Gambar
Kedung Tumpang. Pantai ini terletak di Desa Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Pantai dengan keindahan kolam alami yang menggoda mata serta tubuh untuk segera terjun ke dalamnya, (padahal, saya gak bisa berenang). Hehehe,,, Untuk menikmati semua panorama cantik ini, perjalanan yang harus ditempuh bisa dibilang sulit. Bagi para pendaki gunung atau petualang, medan yang harus dilalui agar bisa sampai ke Kedung Tumpang, biasa saja. SImpelnya, langsung saja kita mulai. Check it out..


Saya berangkat pada awal Januari yang lalu (sudah agak lama ya,,) bersama 3 orang lagi teman. Dari Blitar, kami mengendarai motor menuju kabupaten Tulungagung yang terletak bersebelahan dengan Blitar. Jarak perjalanan sekitar 2 jam sebelum sampai ke desa yang dimaksud yaitu desa Pucanglaban. Untuk sekedar menambah pengetahuan, kata teman yang asli dari Tulungagung, kampung halamannya ini memiliki jumlah pulau paling banyak se-Jawa (mungkin benar, mungkin juga salah ya, info ini tidak aku…

Ujian Akhir Semester (Pengalaman Nyantri di Jawa Part II)

Gambar
Tanggal 26 Desember 2015 kemarin adalah hari terakhir kami santri PPTQ As-Saadah melaksanakan UAS. Ujian Akhir Semester disini sebenarnya tidak jauh beda dengan kegiatan sehari-hari. Hanya jumlah huruf, ayat dan halaman dari Al-Quran yang telah dihafal saja yang menjadi pembeda. JIka setiap hari biasanya tidak ada tuntutan maupun batas setoran, maka pada saat ujian seluruh santri wajib menyetorkan hafalannya dalam waktu 7 hari.Untuk semester ini UAS dimulai pada tanggal 20 Desember dan berakhir pada 26 Desember yang lalu. Ada yang sudah hafal 2 juz, 10 juz, 19 juz dan 25 juz. Semakin banyak jumlah hafalan yang dimiliki, maka tuntutan setoran per hari makin tinggi sedang batas waktu dirasa makin sedikit. Dan hal ini benar-benar membuat lelah baik fisik maupun psikologis. Selama 23 tahun saya hidup, memang baru di sini saya menemukan sistem ujian yang seperti ini. Sebagaimana fitrahnya setiap sesuatu, pasti ada sisi negatif dan positifnya. UAS ini pada hakikatnya bertujuan sangat baik…

Pengalaman 'Nyantri' Di Jawa

Gambar
Sampai sekarang ini sudah hampir empat bulan saya menjadi santri di Pondok Pesantren Tahfiz Al-Quran As-Saadah, Malang. Pondok ini memang agak jauh dari bayangan saya tentang pondok-pondok di Jawa selama ini. Mungkin karena pengaruh pengasuhnya yang masih muda, serta kondisi santri yang notabene mahasiswa dan lokasi pondok yang dekat kota. Dulu, pikir saya jika sudah mondok bakal susah mau kemana-mana, ya kayak waktu masih sekolah dulu. Ternyata tidak sama sekali, asal jujur dan tujuannya benar. Ummah (panggilan untuk pengasuh) orangnya sangat toleransi sekali.

Dalam urusan setoran hafalan Al-Quran, Ummah tidak mentarget harus berapa halaman per harinya. Semampunya, karena menghafal Quran itu bukan untuk dijadikan beban. Tidak ada batasan umur.Yang paling penting adalah menjaga apa yang sudah diperoleh. Untuk mendukung prinsip pentingnya menjaga hafalan, maka sistem yang digunakan di PPTQ As-Saadah juga sudah sangat bagus.

Seluruh santri wajib menjalani proses ujian per juz. Ujian p…

Kangean,, Sebuah Pulau Yang Bikin Kangen (Mamburid Part)

Gambar
Bukan cuma laut lepas, Pantai Pasir Putih juga memiliki sisi misterius dengan bebatuan karang besar dan gua gelapnya. Foto ini belum saya koreksi pencahayannya, jadi kelihatan sangat gelap. Agak sedikit seram juga sich foto di situ, khawatir kali aja ada yang ikut foto. Hehehe,, oya, di sekitaran sini saya juga melihat sejenis bintang laut yang lain. Memiliki lima sisi juga tapi setiap sisinya agak panjang dan lembut mirip-mirip lintah gitu, warna hitam. Sayangnya, gak sempat kefoto, keburu seram. Hihihi....

Baiklah, karena hari sudah semakin sore, dan agak mendung, kami pun mencukupi penjelajahan pantai hari itu dan pulang. Dalam pikiran saya, hidangan apa lagi yang bakal saya cicipi malam ini. Hahahaha.... Terima Kasih Oni, dan Aebok.

Kira-kira beberapa hari sebelum kembali ke Malang, kami (saya, Oni, Aebok, Lek Tung Tung dll) beramai-ramai merencanakan perjalanan ke Pulau Mamburid. Dari pelabuhan Pulau Kangean, hanya membutuhkan waktu kurleb lima menit deng…

Kangean,, Sebuah Pulau Yang Bikin Kangen (Part II)

Gambar
Masih ingat dengan trasi istimewa dari Kangean pada cerita saya sebelumnya???

Ini dia penampakannya,,
Hal tak terlupakan yang kedua adalah laut Kangean dan segala keindahannya. Keindahan laut Kangean ini pertama kali saya buktikan sewaktu diajak ke Cilegung. Sebelumnya, saya sempat nanya-nanya sama Mbah Google Pantai indah yang terdapat di Kangean. Menurut Mbah Google, ada pantai di Kangean yang indahnya mengalahkan Gili Terawangan namun masih belum terjamah oleh wisatawan kebanyakan karena jarak tempuhnya yang sulit. Sayangnya, saya tidak berkesempatan ke sana. Kembali ke Cilegung. Cilegung ibarat kolam renang alami bagi masyarakat Pulau Kangean. Pasalnya, di Cilegung ada sebuah kolam yang airnya berwarna biru kehijauan karena berasal dari laut. Air ini juga mengalir langsung ke laut tapi ketinggiannya tetap. Tiap hujung minggu, Cilegung sering dikunjungi warga untuk sekedar berenang atau mencuci motor. Karena ramainya warga yang berkunjung, banyak pedagang cemilan atau mainan yang…

Menentukan Skala Prioritas

Gambar
Ketika dalam hidupmu kelihatannya terlalu banyak hal untuk ditangani, ketika 24 jam sehari tidaklah mencukupi, ingatlah tentang inspirasi stoples mayonaise dan kopi ini.

Seorang profesor berdiri dalam kelas filosofinyadengan bebrapa benda di hadapannya. Ketika kelas dimulai, tanpa banyak perkataan, ia mengambil sebuah toples yang besar dan kosong dan mulai mengisi stoples itu dengan bola golf. Dia lalu menanyakan pada para siswa apakah stoplesnya sudah penuh. Mereka setuju bahwa wadah itu telah penuh. Profesor lalu mengambil kotak kerikil dan menuangi kerikil ke dalam stoples yang sama. Dia menggoyang stoples dengan perlahan. Kerikil turun mengisi tempat tersisa antara bola golf dan stoples. Dia lalu bertanya kembali pada para siswa apakah stoples tersebut sudah penuh. Para siswa setuju.

Profesor itu lalu mengambil sekotak pasirdan kembali menuangi pasir ke stoples yang ada. Tentu saja, pasir itu mengisi semua rongga yang ada. Profesor bertanya sekali lagi apkah stoples itu su…

Kangean, Sebuah Pulau yang Bikin Kangen (Part I)

Gambar
Ceritanya, ini belated travel diary. Hehehe.. aku kesana udah dari Desember kemarin. Ke Kangean Island maksud saya. Pulau ini terletak di Kepulauan Kangean, Madura, Jawa Timur. Mungkin masih banyak yang tidak familiar dengan nama pulau ini. Memang, aku maklum koq. Secara, Indonesia kan gede bingiiitzz.. Okelah, back to laptop. Nah, Di Kepulauan Kangean, Pulau Kangean adalah yang paling besar. Sedangkan pulau-pulau lain yang lebih kecil ada Pulau Mamburid, Pulau Raas dll.

Rute yang saya tempuh untuk menuju Pulau Kangean dari Malang bisa dibilang lumayan jauh. Bukan lumayan jauh tapi beneran jauh. Dari Malang, saya harus menaiki travel yang menuju ke Sumenep. Jarak antara Malang-Sumenep sekitar 8 jam. Desember kemarin, ongkosnya adalah 140rb (dapat makan siang). Karena menaiki travel, kami diantar sampai ke depan rumah saudara teman saya yang asli dari Kangean dan tinggal di Sumenep. Setelah beristirahat sebentar sambil mandi dan sholat, sekitar pukul 4 sore, kami…